Sunday, March 22, 2015

PT Telkomsel

Sejarah PT Telkomsel

Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk mencapai visi tersebut, Telkomsel harus terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan uji coba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.

Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTelMobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle.

Dari Telkomsel untuk Indonesia

Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan langganan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri.

Visi Telkomsel

Menjadi Perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, Edutaionment dan Services (“TIMES”) di kawasan regional.

Misi Telkomsel

-         Menyediakan layanan TIMES yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
-         Menjadi model penyelenggaraan korporasi terbaik di Indonesia.

Visi dan Misi di tetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.

Corporate Culture         : The New Telkom Way
Basic Belief          : Always The Best
Core Values                   : Solid, Speed, Smart
Key Behaviors     : Imagine, Focus, Action

Serta Inisiatif Strategis
1.     Pusat Keunggulan.
2.     Menyelaraskan implementasi broadband melalui layanan konvergen.
3.     Percepatan implementasi broadban melalui layanan konvergen.
4.     Pengelolaan portofolio nirkabel.
5.     Mengintegritasikan solusi ekosistem telkom group.
6.     Berinvestasi di layanan teknologi informasi.
7.     Berinvestasi di bisnis media dan edutainment.
8.     Berinvestasi di bisnis wholesale dan peluang bisnis internasional yang strategis.
9.     Memaksimalkan nilai aset di bisnis yang saling terkait.
10.                        Mengintegritasikan Next Generation Network (NGN) dan Operational support system, Business support system, Customer support system and Enterprise relations management (OBCE) untuk mencapai penyempurnaan beban biaya.

Inisiatif strategis ditetapkan berdasarkan keputusan komisaris PT Telekomunikasi indonesia, Tbk No. 09/KEP/DK/2012 yang di tetapkan pada 30 mei 2012.

Nilai-nilai perusahaan

Budaya Perusahaan The Telkom Way memiliki lima nilai Perusahaan yaitu: Commitment to long-term, Customer First, Caring meritocracy,Co-creation of win-win partnership, dan Collaborative innovation Collaborative innovation yang selanjutnya kami sebut dengan istilah 5C.

Bisnis kami adalah T.I.M.E.S

-         Kami Sangat bangga melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari seluler (Telkomsel) lebih dari 125 juta ddan pelanggan tetap 25,8 juta
-         Kami juga menyediakan beragam layanan komunikasi lain termasuk layanan interkoneksi jaringan telepon, multimedia, data dan layanan  terkait komunikasi internet, sewa transponder satelit, sirkit langganan, televisi berbayar dan layanan VoIP
-         Kami mendominasi lebih dari 60% pangsa pasar broadband di Indonesia yang mencapai lebih dari 19 juta pelanggan. Kami sangat bangga bahwa bisnis layanan data, internet, dan Teknologi informasi yang kami layani ini mampu mengkontribusi 35% terhadap total pendapatan perusahaan.
-         Kapasitas gateway internet kamis yang terbesar di Indonesia, saat ini sudah lebih dari 106,4 Gbps. Kami selalu memastikan kecukupan kapasitas gateway internet agar mampu mengantisipasi pertumbuhan trafik broadband yang tinggik baik fixed broadband maupun mobile broadband.

Struktur Organisasi Perusahaan
Telkom telah mencanangkan sebuah grand strategy menuju sustenaible competitive growth, dengan sasaran sebagai berikut:
1.     Pertumbuhan organik yang akan dicapai dengan penguatan bisnis, inti melalui fokus pada strategi segmentasi pelanggan yaitui layanan konsumer, layanan enterprise, dan layanan wholesale dan international, yang didukung oleh 10 juta sambungan POTS dan 5 juta sambungan speedy
2.     Pertumbuhan inorganik yang anak dicapai melalui strategi relatedversification berupa pengembangan bisnis baru, pengolaan portofolio strategis, serta membangun sinergi antara kami dan entitas anak kami.

Dalam rangka implementasi yang efektif dari strategi-strategi tersebut di atas, di pandang perlu adanya beberapa hal sebagai berikut:
1.     Direktur yang focus menangani segmen layanan whosale dan internasional
2.     Direktur yang fokus menangani pengembangan portofolio bisnis
3.     Mekanisme atau model parenting yang mampu membangun sinergi antara Entitas anak dengan induk perusahaan maupun antar-Entitas anak.

Untuk itu, pada tahun 2012 telkom telah melakukan beberapa perubahan menyangkut pembagian tugas dan wewenang Direksi, sebagai berikut:
1.     Mengalihkan tugas dan wewenang penanganan di bisnis di segmen wholesale dan international, dari semula di bawah direktur Enterprise & Wholesale (EWS) menjadi di bawah Direktur Compliance & Risk management (CRM). Dengan demikian Direktur EWS dapat lebih fokus kepada pengembangan segmes bisnis Enterprise.
2.     Menambah tugas dan wewenang Direktur CRM untuk menangani segmen bisnis wholesale dan international, selain tugas dan wewenangnya sebagai Direktur CRM.
3.     Menyelesaikan tugas dan wewenang Direktur IT, Solution & Strategic Portofolio (ITSSP) agar lebih focus pada upaya inovasi dan pengembangan portofolio bisnis, dengan mengalihkan sebagian aktivitas Direktorat ITSSP, khususnya yang terkait dengan pengelolaan dan pendayagunaan IT dan tarif, menjadi di bawah Direktorat Network & Solution (NWS)
4.     Menambah tugas dan wewenang Direktur NWS untuk menangani pengelolaan dan pendayagunaan IT serta service operation & management, untuk mendukung upaya pengembangan bisnis yang sudah berjalan (established)

Selain itu, untuk membangun sinergi yang lebih efektif di lingkungan Telkom Group, Kami membentuk struktur dewan Eksekutif beranggotakan empat direktur Utama dari Entitas Anak. Dewan eksekutif menjalankan tugas advisory  terkait dengan formulasi strategi, perencanaan, penetapan kebijakan serta pemantauan kinerja, untuk masing-masing lini bisnis yaitu bisnis seluler, bisnis internaitional, bisnis IME dan bisnis menara telekomunikasi.

Referensi:
- id.m.wikipedia.org

- www.telkom.co.id/visi-misi-dan-tujuan.html

- www.telkom.co.id/struktur-organisasi-perusahaan.html


- www.telkom.co.id/bisnis-kami-adalah-T-I-M-E-S.html

 PPT = http://www.slideshare.net/harleith/softskill-46137997

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List