Sunday, April 5, 2015

Family Mart

FamilyMart (ファミリーマート ) adalah jaringan waralaba toko kelontong (convenience store) yang berkantor pusat di Jepang. FamilyMart awalnya dimiliki oleh Seiyu, namun sahamnya dibeli oleh Itochu Group pada Februari 1998, dan sekaligus menjadikan Itochu sebagai pemegang saham terbesar.
Slogan toko ini di Jepang adalah "Anata to, konbini, Famiriimaato" (あなたと、コンビに、ファミリーマート?, arti harfiah: "Selalu bersama Anda, FamilyMart"); bahasa Inggris: "FamilyMart, Where You Are One of the Family". Kantor pusatnya di Gedung Sunshine 60, Higashi Ikebukuro, Toshima-kuTokyo. Nama toko ini populer dengan singkatan Famima (ファミマ?)
Selain di Jepang, FamilyMart juga membuka gerai-gerai waralaba di Asia Timur dan Asia Tenggara. Pada Februari 2012, jaringan FamilyMart di seluruh dunia mencapai 20.000 buah.

Sejarah
Pada September 1972, Bagian Perencanaan Seiyu Group mendirikan Seksi Toko Kecil, dan membuka toko pertamanya di Sayama,Prefektur Saitama. Pada Maret 1978, Seiyu Stores mendirikan FamilyMart Department, dan membuka toko di empat lokasi.
FamilyMart Co. Ltd. didirikan sebagai anak perusahaan Seiyu Stores pada September 1981. Semua bisnis dan properti dialihkan ke FamilyMart Co. Ltd., dan waktu itu terdapat toko di 89 lokasi.
Saham FamilyMart mulai diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo Seksi Dua pada Desember 1987, dan baru diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo Seksi Pertama sejak Agustus 1989.
Ekspansi FamilyMart dimulai di NahaOkinawa pada Oktober 1987. Di Taiwan, FamilyMart dan perusahaan rekanannya membentuk Taiwan Family Mart Co., Ltd. pada Agustus 1988. Kontrak dengan Bokwang FamilyMart Co. Ltd. ditandatangani di SeoulKorea Selatan pada Juli 1990. Bokwang FamilyMart Co. Ltd. mendapatkan pengetahuan operasional convenience store dan hak penggunaan logo FamilyMart berdasarkan lisensi. Berdasarkan kesepakatan ini, toko-toko dibuka di Korea Selatan.
Di Thailand, FamilyMart mendirikan Siam FamilyMart bersama Robinson Department Store Public Co., Ltd., Saha Pathanapibul Public Co., Ltd., dan Itochu (Thailand) Ltd.. Di Kagoshima, FamilyMart dan Homboshoten Co., Ltd. mendirikan Minami Kyushu FamilyMart Co., Ltd. pada April 1993.
Pada Desember 2003, FamilyMart berhasil menjadi jaringan toko kelontong pertama asal Jepang yang memiliki toko di 10.000 lokasi di Asia. Pada Mei 2004, Shanghai FamilyMart Co. Ltd. (China) didirikan FamilyMart bekerja sama dengan Tinghsin (Cayman Islands) Holding Corporation, Taiwan FamilyMart Co., Ltd., Itochu Corporation, and CITIC Trust & Investment Co., Ltd.. Di Amerika Serikat, FamilyMart bekerja sama dengan Itochu Corporation and Itochu International Inc. (U.S.A.) untuk mendirikan Famima Corporation (U.S.A.).
Toko-toko FamilyMart di Hokkaido mulai dibuka pada Juli 2006 setelah didirikannya Hokkaido FamilyMart Co., Ltd. sebagai hasil kerja sama dengan Maruyo Nishio Co., Ltd. (sekarang Seico Fresh Foods Co., Ltd.). Dengan dibukanya toko-toko FamilyMart di Hokkaido, jaringan toko FamilyMart mencakup keseluruhan 47 prefektur di Jepang.[2]
Di RRC, FamilyMart bekerja sama dengan Ting Chuan (Cayman Islands) Holding Corp., Taiwan FamilyMart Co., Ltd., dan Itochu Corporation untuk mendirikan Guangzhou FamilyMart Co., Ltd. (China) pada September 2006. Di Suzhou, FamilyMart bersama Ting Chuan (Cayman Islands) Holding Corp., Taiwan FamilyMart Co., Ltd., dan Itochu Corporation mendirikan Suzhou FamilyMart Co., Ltd. (China).
Pada Agustus 2009, FamilyMart menjadi jaringan toko kelontong pertama Jepang yang toko-tokonya lebih banyak berada di luar Jepang daripada di dalam negeri.
FamilyMart mengakuisisi jaringan convenience store am/pm pada Desember 2009 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan. Integrasi dengan am/pm selesai dilakukan pada Maret 2010.
Di Vietnam, FamilyMart mendirikan VI NA Familymart Co., Ltd. (Vietnam) bersama dua rekanan: Phu Thai Group Joint Stock Company (Hanoi, Vietnam) dan Itochu Corporation pada Juni 2011. Di Hangzhou, FamilyMart mendirikan Hangzhou FamilyMart Co., Ltd. (China) bersama dua rekanan: Ting Chuan (Cayman Islands) Holding Corporation and Taiwan FamilyMart Co., Ltd..
Di Indonesia, pembukaan toko FamilyMart di Indonesia adalah hasil kerjasama dengan PT. Fajar Mitra Indah, anak perusahaan Wings Group. Hingga 31 Maret 2013, FamilyMart memiliki 6 gerai di Jakarta. Gerai pertama dibuka 16 Oktober 2012 di Cibubur, gerai kedua di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan (17 November 2012), gerai ketiga diPejaten, Jakarta Selatan, gerai keempat dan kelima di Kelapa GadingJakarta Utara dan Thamrin Residence ApartmentJakarta Pusat.

Target Pasar

Tidak berbeda dengan mini market lain di Indonesia, Family Mart mengusung konsep mini market dan restoran yang menyediakan sejumlah barang-barang kebutuhan sehari-hari, makanan kecil, minuman, serta makanan siap saji dengan fasilitas tempat makan dan jaringan Wifi.
 Family Mart pertama di Indonesia juga memiliki perbedaan dengan gerai di Jepang, yakni adanya fasilitas tempat makan di dalam ruangan yang cukup besar dengan dapur mini yang dikelilingi kaca, sehingga pengunjung dapat menyaksikan secara langsung proses pembuatan yakitori (sate ayam a la Jepang) dan ayam goreng yang merupakan salah satu produk unggulan.

 “Proses pembuatan yakitori pertama menghabiskan waktu 7 bulan, dari pemilihan bahan yang semuanya menggunakan produk lokal, sampai mencari citra rasa yang dapat diterima lidah masyarakat Indonesia namun diusahakan tidak jauh berbeda dengan rasa aslinya di Jepang”, ungkap Shinri Hisashima, General Manager, Indonesia Project, International Business Division.

 Lebih lanjut, Masaaki Kosaka, mengungkapkan keputusan membuka gerai di Indonesia dilihat dari banyaknya jumlah mini market yang belum sebanding dengan jumlah populasinya.

Dengan populasi Indonesia yang berjumlah sekitar 240 juta, kami tidak khawatir membuka gerai di sini, karena masih banyak pasarnya. Selain itu, di Asia sendiri mini market dengan konsep seperti ini sedang marak”, ujar Kosaka.


Reza, salah satu pengunjung di hari pertama mengutarakan kesannya terhadap Family Mart, “Isinya menurut saya tidak berbeda dengan mini market lain. Tapi di sini barangnya lebih banyak, seperti ada produk untuk rumah tangga misalnya mama lemon dan counter make up. Pertama kali memasuki area parkir, seperti di rest area. Menurut saya, pasti ada saja orang yang datang mencoba melihat-lihat dan mencoba makanannya, namun kalau berani membuat sesuatu yang baru, pasti akan lebih banyak yang datang.”

 Berbeda dengan Okabe, warga Jepang yang tinggal di Indonesia mengaku senang mini market Jepang bertambah. Menurutnya makanan yang disajikan agak berbeda dengan rasa aslinya di Jepang, namun dijual dengan harga yang lebih murah dibanding di restoran Jepang.

 Di Jepang, Family Mart merupakan salah satu dari 3 mini market terbesar dengan total 8,834 gerai, bertambah 586 dari tahun lalu. Selain itu, Family Mart telah membuka sejumlah anak cabang di Korea, Amerika, Vietnam, Thailand, dan Taiwan dengan total 11,915 gerai.

 “Family Mart itu mini market paling besar ke-2 di dunia. Dengan membuka dan menambah gerai di Indonesia, kami berpikir dapat membuka lapangan usaha bagi masyarakat di sini, dengan mencari lokasi dengan target pasar daerah hunian atau tempat yang banyak berkumpul anak muda”

Strategi Bisnis Family Mart 

Dalam meningkatkan jumlah tokonya demi mendapatkan pelanggan baru yang lebih banyak, perusahaan lebih menitikberatkan area-area yang berada di pinggir jalan. Yang jelas, tidak akan buka di dalam-dalam kompleks perumahan. Sementara itu, masih terus di pinggir jalan sehingga memudahkan masyarakat untuk datang dan bertransaksi

Referensi

http://id.wikipedia.org/wiki/FamilyMart

http://www.halojepang.com/industriteknologi/5784-buka


0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List