Monday, July 10, 2017

Tugas 4 Ilmu Sosial Dasar

Nama: Harry Octavianus Darmawan
Kelas : 4ka16
NPM : 13113948

Tugas 4
Ilmu Sosial Dasar
"Review Film Guru Bangsa : Tjokroaminoto"

Hasil gambar untuk gurubangsa tjokro

Film ini merupakan karya dari Garin Nugroho yang dirilis pada tanggal 9 April 2015, dengan berlatarkan perjuangan nasional. Film ini mengangkat tentang perjuangan salah satu tokoh pahlawan indonesia. Dalam film ini awalnya diperlihatkan bahwa kehidupan saat itu masih banyak yang belum sejahtera, masih ada kesenjangan antar etnis dan kasta. Disaat itu pula Haji Oemar Said Tjokroaminoto tidak tinggal diam, dia bekerja jadi kuli pelabuhan demi merasakan penderitaan rakyat jelata. Tjokroaminoto berjuang dengan membangun organisasi Syarikat Islam yang bernama bumiputera hingga akhirnya beranggotakan 2 juta orang dia berjuang untuk menyamakan hak dan martabat masyarakat bumiputera

Perjuangan ini menjadi awal dari kemunculan tokoh tokoh dan gerakan kebangsaan.Setelah itu dia pidah ke surabaya dan menikah dengan Suharsikin dan akhirnya perjuangannya pun semakin berkembang, dia seorang yang intelektual dan mempunyai banyak keahlian. Sehingga pemerintah Belanda pun menjadi khawatir, mereka mulai bertindak menghambat perkembangan islam yang sedang maju pesat, akhirnya terancam akan terjadi perpecahan didalam organisasi tersebut.
Saat istrinya sakit, tjokro tetap berusaha berjuang meskipun dirinya terancam dipenjara, namun beberapa anak didiknya malah keluar dan medirikan PKI.


OPINI : Menurut saya film ini bagus, dan cocok untuk ditonton oleh semua kalangan, film ini menggambarkan tentang perjuangan tjokroaminoto dimasa lalu, sangat menginspirasi pastinya, khususnya untuk para kaum muda agar bisa lebih menghargai para pahlawan perjuangan Republik Indonesia. Jalan ceritanya bagus dan diperankan oleh pemeran yang cocok seperti reza rahardian yang selalu totalitas dalam aktingnya, serta chelsea islan. Jadi kesimpulannya film ini adalah salah satu film nasionalis yang wajib ditonton!

0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

Unordered List